YUK ... MEMBUDAYAKAN KEMBALI GOTONG ROYONG

1:06 PM





Tanpa sengaja hari ini bertemu dengan sekelompok bapak-bapak yang sedang melaksanakan kegiatan kerja bakti di pinggir jalan. Sebenarnya kegiatan biasa sih, membersihkan jalan di lingkungan mereka tinggal. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita ambil hikmahnya dari kegiatan ini. Bahwasanya, gotong royong adalah ciri khas bangsa Indonesia, adat yang lekat dengan kehidupan bermasyarakat kita sejak jaman nenek moyang dimana kegiatan seperti ini sudah mulai luntur dari kehidupan bermasyarakat.
Menurut wikipedia.org gotong royong merupakan istilah untuk menyatakan suatu tindakan bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Sejatinya ada beberapa manfaat gotong royong, diantaranya:

1.    Meringankan pekerjaan
Seperti kita tahu bahwa tujuan dari gotong royong adalah meringankan pekerjaan. Dengan melakukan pekerjaan bersama-sama maka pekerjaan akan terasa ringan dilakukan. Seperti pepatah, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Itulah filosofi gotong royong bagi masyarakat Indonesia.

2.    Mempercepat selesainya suatu pekerjaan
Coba kita bandingkan saja jika suatu pekerjaan dilakukan sendirian dengan dilakukan oleh lima orang, tentunya kita sudah tahu bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh orang banyak pasti akan lebih cepat selesai.

3.    Meningkatkan jiwa sosial
Budaya gotong royong muncul sebagai bentuk rasa empati kita pada orang lain yang sedang membutuhkan bantuan. Dengan lekatnya jiwa gotong royong pada masyarakat kita, maka kita akan lebih sering membantu untuk meringankan beban sesama sehingga tercipta masyarakat yang damai dan saling membutuhkan.

4.    Mempererat rasa persatuan
Diantara manfaat dari kegiatan gotong royong adalah memupuk rasa persatuan diantara masyarakat. Biasanya pada saat melakukan kerja bersama akan diselingi dengan bercanda, bercerita, ngopi bersama bahkan makan bersama. Ini menjadi salah satu sarana mendekatkan antar warga.

Sayangnya, budaya gotong royong ini semakin memudar di kalangan kita. Penyebabnya berbagai macam, diantaranya semakin bertambahnya kebutuhan dan kepentingan manusia. Dorongan akan pemenuhan kebutuhan manusia menjadi faktor utama lunturnya budaya gotong royong. Manusia berburu alat untuk memenuhi kebutuhan hidup sampai melupakan hubungan sosial di lingkungan kita.
Oleh sebab itu, mari kita tetap menjaga kelestarian budaya gotong royong ini dimulai dari kesadaran diri membantu keluarga, sanak famili, tetangga, dan teman yang membutuhkan bantuan tenaga kita.
Salam.



#SETIPday3
#EstrilookCommunity




















You Might Also Like

0 komentar