PACITAN LAGI HAJATAN

11:38 AM

Hai, Sobat Blogger!
Bulan ini, Februari 2019 tepat 274 tahun usia kota Pacitan tercinta. Disinilah aku dilahirkan, dibesarkan, dan menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terkasih. Bagi kami, Pacitan adalah rumah dimana menjadi tempat untuk kembali setelah merantau ke negeri orang.
Pacitan adalah sebuah kota yang sejuk, dengan pemandangan alam yang selalu dirindukan bagi orang
yang mengais rejeki di kota yang hiruk pikuk dengan lalu lalang kendaraan dengan segala permasalahan yang ada. Pacitan adalah kota yang damai.
Jalan yang berliku dan sepi dihiasi pemandangan hutan yang menghijau. Kawasan pemukiman yang damai, dihiasi riuh suara burung di siang hari dan nyanyian jangkrik di malam hari. Inilah kota kecil yang mulai menunjukkan identitasnya melalui kekayaan alam dan budayanya. Apa saja sih yang unik dari kota tercinta ini?

Kota yang Dihiasi Pantai Selatan yang  sangat Indah
Pacitan adalah kota pegunungan yang memiliki beberapa pantai yang sangat indah. Sebut saja diantaranya Pantai Klayar, Pantai Banyu Tibo, Pantai Teleng Ria, Pantai Taman, Pantai Soge, Pantai Pidakan dan masih banyak lagi pantai yang bisa dikunjungi setiap saat. Hamparan pasir, debur ombak, dan birunya laut pasti akan kita rindukan jika kita jauh dari kota yang damai ini.


 Gambar: youtube.com


Kota 1001 Goa
Pacitan adalah kota yang unik. Selain kita dianugerahi pantai-pantai yang indah, kita juga memiliki beberapa goa yang dihiasi stalagmit dan stalaktit yang sangat menawan. Beberapa goa sudah terkenal diantaranya Goa Gong dan Goa Tabuhan. Selain itu, kita juga memiliki beberapa goa lagi, baik yang sudah diresmikan sebagai tujuan wisata maupun yang belum dikembangkan oleh pemerintah setempat.

Gambar: nativeindonesia.com


Kota dengan Ragam Makanan yang Menggoyang Lidah
Jika kita berkunjung ke Pacitan jangan sampai melewatkan kuliner khas Pacitan yang menggoyang lidah. Ada nasi thiwul yang ditemani sayur kalakan atau urap yang membuat kita ketagihan. Belum lagi camilan khas yang bisa kita jadikan oleh-oleh seperti sale, kolong, rengginang, dan beberap jenis keripik dari bahan singkong dan pisang. Tahu tuna juga menjadi salah satu produk olahan laut yang sayang jika kita tidak mencobanya.


Gambar: kotapacitan.com


Batik Pace
Berdasarkan sejarah, nama Pacitan memang diambil dari nama sejenis buah bernama pace. Buah yang tidak terlalu disukai oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Namun, melalui industri kecil yang berkembang di wilayah Kabupaten Pacitan, buah pace diabadikan melalui batik tulis khas Pacitan yang bermotif pace. Tidak hanya bahan pakaian, batik jenis ini mulai banyak peminatnya karena sudah ada dalam bentuk jilbab/pasmina.


Gambar: pinterest.com


Nah ... itulah sedikit hal mengenai kotaku, kota Pacitan tercinta yang saat ini sedang memperingati hari jadinya yang ke 274. Selamat HAJATAN (Hari Jadi Pacitan). Jaya Selalu Pacitanku.



#SETIPDay5
#EstrilookCommunity

You Might Also Like

2 komentar

  1. Mbaaak sy br sekali ke pacitan
    Ke klayar, goa gong ma air panas
    Klayar is the best

    Sayangnya medan untuk ke pacitan sungguh menakutkan bagi saya

    Tapiii yg paling q suka tahu tuna nya mb dah murah enak lgi.
    Salut banget pacitan sebagai kota pariwisata tp hrga makanan nya tetap standar
    G ky di lain tmpt yg oleh2 khasnya mesti muahal2

    Jan top buat pacitan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali Mbak bisa berkunjung ke kota kami lagi. Masih banyak tempat wisata yang menarik dengan tawaran kuliner yang lezat.

      Delete