JANGAN SALAHKAN PRAMUKA

10:47 PM








Dears!
Suatu kali aku membaca status teman yang mengirimkan gambar seperti di atas. Pikiranku segera melayang pada belasan tahun yang lalu saat masih memakai seragam abu-abu (jadi ketahuan berapa umurnya, he...he...).
Saat itu ketika aku masih menjadi siswa, kegiatan pramuka adalah menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sangat diminati. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif menghilangkan jenuh diantara kegiatan sekolah yang penuh dengan angka-angka dan kalimat-kalimat.
Kegiatan pramuka ini sejatinya memiliki beberapa manfaat diantaranya:

1.    Melatih kemandirian
Tentu saja karena kegiatan pramuka sering dilaksanakan di luar rumah, bahkan sering juga dilaksanakan di alam terbuka, jadi setiap anggota pramuka dituntut untuk mandiri dalam hal mengurus keperluannya sendiri dan teman satu kelompoknya. Jadi ingat semasa SD dulu kalau sudah waktunya ada kegiatan perkemahan, waduh ... pasti banyak sekali perbekalan yang dibawa dari rumah.

2.    Melatih kedisiplinan
Pada saat kegiatan pramuka berlangsung, anggota pramuka pasti dituntut untuk selalu patuh pada aturan dan tepat waktu pada saat mengikuti kegiatan. Hal ini dimaksudkan untuk melatih kedisiplinan setiap anggota. Ini tentunya sangat berguna untuk bekal masa depan mereka jika sudah benar-benar terjun dalam kehidupan bermasyarakat dan dunia kerja.

3.    Melatih diri mencintai alam
Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan pramuka juga lekat dengan kegiatan cinta alam, baik kegiatan jelajah alam, bakti sosial, maupun perkemahan yang dilaksanakan di alam terbuka. Ini bisa memberikan pembelajaran kepada anggotanya untuk selalu menyukuri karunia Allah yang begitu indah dan juga supaya mereka mau dan mampu untuk selalu menjaga kelestariannya.

4.    Menumbuhkan semangat gotong royong
Di dalam kegiatan kepramukaan juga ditanamkan rasa saling peduli terhadap sesama sehingga mereka bersedia untuk selalu bergotong royong dalam menyelesaikan pekerjaaan. Dengan kesadaran bergotong royong yang tinggi maka semua pekerjaan akan terasa mudah dan cepat selesai karena dikerjakan secara bersama-sama.

5.    Menumbuhkan jiwa kepemimpinan
Dengan mengikuti kegiatan pramuka secara serius ada banyak hal yang bisa didapatkan, salah satunya adalah tumbuhnya rasa kepemimpinan dalam diri anggotanya. Pada saat menjadi junior, mereka akan digembleng supaya berani berbicara di depan publik, bisa bersikap tegas terhadap persoalan yang dihadapi, bertanggungjawab terhadap kewajiban yang dibebankan. Ini semua tujuannya untuk membentuk karakter pemimpin yang bisa menjadi teladan bagi siapa saja. Jika pada saatnya menjadi senior atau pembina, maka sudah tertanam jiwa kepemimpinan yang baik pada diri mereka.

6.    Belajar berorganisasi dan bersosialisasi
Di dalam kegiatan pramuka juga dididik bagaimana berorganisasi dan bersosialisasi yang baik. Dengan aktif berkegiatan, maka mereka akan terbiasa hidup di dalam suatu wadah organisasi yang bertujuan positif. Ini akan menjadi modal bagi mereka kelak saat harus terjun dalam kehidupan bermasyarakat.

Itulah beberapa keuntungan mengikuti kegiatan pramuka sejak kita masih mengenyam bangku sekolah. Walaupun tak bisa dipungkiri masih banyak orang tua yang tidak mendukung aktivitas anak-anak di luar jam pelajaran dengan alasan takut mengganggu kegiatan belajar mereka. Namun, mari kita lihat dulu dari sudut pandang mana alasan ini bisa kita benarkan. Karena sebenarnya memang bukan kegiatannya yang menganggu/menurunkan prestasi seorang siswa, tetapi lebih kepada motivasi mereka untuk belajar yang semakin memudar.
Masalahnya banyak juga diantara anak-anak yang menyelewengkan kepercayaan orang tua pada mereka. Contohnya adalah pamit dari rumah untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau belajar kelompok, tetapi kenyataannya mereka justru bermain entah kemana dan tidak ada manfaat yang bisa dipetik.
Jadi aku berharap para orang tua bisa memilah apa saja hal-hal yang menyebabkan prestasi siswa mulai menurun. Jangan menghakimi kegiatan tambahan ataupun ekstrakurikuler yang menjadi biang keladi prestasi mereka tak seperti harapan orang tua.
Jika kita kembali mengingat apa isi Dasa Dharma, maka kita akan memahami apa tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri.
Dasa Dharma Pramuka
1.    Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.    Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3.    Patriot yang sopan dan ksatria.
4.    Patuh dan suka bermusyawarah.
5.    Rela menolong dan tabah.
6.    Rajin, terampil, dan gembira.
7.    Hemat, cermat, dan bersahaja.
8.    Disiplin, berani, dan setia.
9.    Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
10.    Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Salam Pramuka!


#Day4
#SETIP
#EstrilookCommunity

You Might Also Like

0 komentar