Motivasi Belajar Siswa Mulai Menurun, Yuk ... Kita Cari Tahu Penyebabnya

12:53 PM



Gambar: pexels.com


Hai, Sobat Blogger!
Susahnya menjadi orang tua atau guru disaat menghadapi anak atau siswa yang lagi malas belajar.  Semakin kita memaksa, semakin mereka menolak. Bahkan perlu disadari jika anak atau siswa belajar hanya karena paksaan kita hasilnya pasti tidak akan maksimal.
Seringkali kita menunggui mereka belajar meski sambil terkantuk-kantuk karena kecapekan, tetapi justru mereka belajar dengan ogah-ogahan. Tak jarang pula orang tua mendaftarkan putra putrinya di tempat les yang mahal dan berkualitas, menurut iklannya, tetapi hasil yang didapat sama saja. Prestasi anak tetap saja, bahkan malah menurun.
Sebenarnya memang ada beberapa hal yang tidak kita sadari, bahkan mungkin saya sendiri sebagai seorang ibu mengalami. Kita ingin anak kita berprestasi atau memiliki motivasi belajar yang tinggi. Ketika harapan tinggal berwujud harapan maka tidak jarang saya ngomel-ngomel sendiri. Akhirnya berusaha introspeksi diri, mengapa anak sulit sekali untuk meningkatkan motivasi belajar. Beberapa hal saya temukan alasannya antara lain:

1. Anak dalam kondisi sakit atau tidak enak badan
Biasanya anak yang sedang mengalami sakit atau tidak enak badan akan merasa malas untuk melakukan aktivitas, apalagi belajar. Ini bisa disebabkan karena kondisi badan yang kurang fit akan cenderung susah untuk diajak berkonsentrasi.

2. Anak sedang memiliki masalah
Anak yang sedang memiliki masalah biasanya akan malas melakukan aktivitas. Apalagi jika anak tidak mau berbagi atau bercerita dengan orang lain, masalah yang dipendam justru akan membuat motivasi belajar anak menurun.

3. Suasana tempat belajar kurang nyaman
Tempat belajar yang kurang nyaman bisa menyebabkan kebosanan pada anak sehingga malas untuk belajar. Tempat belajar dengan situasi yang monoton bisa juga menyebabkan anak kehilangan motivasi belajar.

4. Materi yang dipelajari sulit dipahami
Terkadang ada seorang anak yang menguasai kompetensi tertentu atau mata pelajaran tertentu tetapi lemah pada mata pelajaran yang lain. Kita tidak bisa memaksa anak untuk menguasai semua mata pelajaran, hanya saja kita bisa merangsang mereka untuk menyukainya.

5. Metode belajar tidak menyenangkan
Seringkali seorang siswa menyukai pelajaran tertentu karena guru yang menyampaikan menggunakan metode yang menarik. Setiap tema disampaikan dengan cara yang berbeda sehingga siswa penasaran dengan materi yang akan disampaikan. Oleh sebab itu jika guru menyampaikan materi secara monoton maka lama kelamaan siswa akan cepat merasa bosan dan malas untuk mempelajari materi yang disampaikan.

6. Anak lebih tergoda pada gadget
Belakangan ketika dunia maya lebih menarik perhatian anak, maka bisa dipastikan jika motivasi belajar anak semakin menurun. Itulah sebabnya, banyak pihak yang mencoba membuat aplikasi atau website untuk memberikan materi pelajaran secara online.

Setidaknya dengan kita mengetahui penyebab anak atau siswa bermalas-malasan kita bisa menumbuhkan kembali semangat mereka. Sebagai orang tua atau guru sebaiknya tidak menghakimi anak secara sepihak jika tidak termotivasi untuk belajar. Kita harus bisa menjadi teman berbicara, membantu mereka menciptakan situasi belajar yang kondusif, bahkan membimbing mereka supaya senang untuk belajar.


#SETIPDay6
#EstrilookCommunity

You Might Also Like

1 komentar

  1. Benar sekali, semakin dipaksa semakin ribut kalau di rumah...hihi. Prosesnya memang harus menyenangkan dulu biar mereka mau melakukannya tanpa dipaksa...

    ReplyDelete