Menjaga Anak di Zaman Millenial

10:57 PM

Gambar: pexels.com

Dears, anak adalah permata bagi orang tuanya. Pun bagi orang-orang lain yang menyayanginya.

Kita sering mendengar bahwa anak bagaikan kertas putih yang belum terisi, tinggal bagaimana kita akan mengisinya. Kita isi dengan coretan tanpa arti, ataupun kita isi dengan hal-hal yang penuh makna dan bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain, adalah kita yang menentukan awalnya.

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, bahkan jaman ini sudah memasuki masa-masa jaman yang serba digital, kehidupan kita semakin mengarah pada hal-hal yang serba instan dan kita dituntut untuk bisa menyesuaikan. Banyak hal yang berbeda antara jaman generasi tua dengan generasi milenial ini. Istilah keren yang sering kita dengar adalah jaman old dan jaman now.

Sebagai orang tua yang memiliki anak, baik yang masih balita maupun yang sudah remaja kita harus bisa menjadi orang tua yang bisa membimbing dan mengarahkan anak-anak agar tidak menyimpang dari aturan hidup ini. Hal ini disebabkan pondasi karakter mereka memang harus sudah dibentuk sejak dini. Namun, seiring berjalannya waktu karakter ini harus tetap dijaga supaya tidak terjadi penyimpangan.

Oh iya, menurut pendapat saya ada beberapa hal yang harus kita miliki atau kita terapkan dalam membersamai anak-anak:

1. Bersikap kritis
Sebagai orang tua kita harus bersikap kritis terhadap anak-anak. Menanyakan apa kegiatan mereka setiap hari sangat penting, karena selain kita tahu apa yang mereka lakukan, ini juga bisa menjadi sarana membangun kedekatan dengan anak-anak. Kita juga perlu tahu jika ada perubahan sikap atau tingkah laku anak-anak sehingga jika ada yang terlihat nyeleneh kita bisa segera menyikapinya.

2. Bersikap tegas
Ada kalanya kita memang harus bersikap tegas kepada anak-anak supaya jika ada hal yang mereka lakukan tidak sesuai dengan aturan kita bisa segera menyiakpinya. Tegas tidak berarti kaku dan ingin menang sendiri, tetapi ini adalah sebuah cara untuk tidak membiarkan kesalahan anak atau kemalasan mereka menjadi berlarut-larut.

3. Bisa mengikuti perkembangan jaman
Sebagai orang tua di jaman milenial kita harus bisa mengikuti perkembangan jaman. Seiring dengan munculnya banyak hal baru di era digital ini kita harus mampu mengikutinya, sehingga nantinya kita tidak akan dibodohi oleh anak-anak kita sendiri.

4. Selalu berpikir positif
Rasanya memang tidak baik jika memelihara pemikiran yang negatif, apalagi pada anak-anak kita sendiri. Dengan kita memahami anak-anak dengan baik maka rasanya tidak akan muncul perasaan curiga pada mereka.

5. Meluangkan waktu untuk anak-anak
Yang paling penting adalah quality time, bukan hanya quantity time karena sejatinya waktu itu sangat berharga. Ketika kita membersamai anak-anak, fokus kita seharusnya pada mereka. Jadikan anak-anak sebagai hal yang paling berharga dalam hidup kita.

Rasanya memang begitu berat mendidik anak di jaman yang serba maju ini. Namun, karena anak adalah titipan maka kita harus bisa menjaganya sekuat tenaga kita. I love my family.

You Might Also Like

0 komentar